Tuesday, June 26, 2007

Workshop Property Yang Dahsyat

Workshop Property yang diselenggarakan oleh TDA pada tanggal 23 Juni 2007 yang lalu di Gedung BPPT tergolong workshop yang dahsyat. Meskipun sebagian besar sudah di sharing oleh Pak Hadi dan Pak Roni, tapi saya mencoba untuk menuliskan apa yang saya tangkap dari workshop ini sebagai catatan pribadi saya di blog ini.

Di hari itu seperti biasanya Gedung BPPT selalu digunakan untuk kegiatan2 seminar, workshop ataupun pertemuan2 yang biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan, group MLM atau sebuah komunitas termasuk TDA. Salah satu yang menarik yang sempat saya perhatikan adalah, disebelah / disekeliling kita ada juga kegiatan sejenis diruangan yang berbeda, mereka pada umunya berpenampilan rapih, berdasi pokoknya perlente lah. Coba kita bandingkan dengan yang datang di Workshop Property-nya TDA... tetap berpenampilan rapi... namun sangat bersahaja... tapi coba lihat dibalik itu...

Kalo mereka yang ada dipertemuan sebelah cuma berdasi... kita ga cuma itu... bergizi... berenergi... dan bervisi jauh kedepan... pokoknya dahsyat lah... gimana ga dahsyat, mereka ga tau aja kalo yang datang di workshop TDA para multi milyarder dan calon-calon multi milyarder... he he ga tau mereka, kalo mereka tau bisa2 ruangan ga cukup... bisa pindah semua ke workshop nya TDA... just intermezo, boleh kan berafirmasi mengenai dahsyatnya kegiatan TDA.

Ok, kita kembali ke Lap... ehh itu punya Tukul... ke Workshop maksudnya.

Di workshop ini P James menyampaikan beberapa teknik yang berkaitan dengan property :
  • Bagaimana mencari property dengan formula 100 - 10 - 3 -1,
  • Bagaimana melakukan appraisal terhadap property, dengan melihat nilai NJOP, menghitung Replacement Cost, dll
  • Bagaimana menyiasati KPR dengan memainkan Cash Flow pada rekening kita, atau meminjam perusahaan orang lain.
  • Bagaimana memberikan nilai tambah pada property yang kita sewakan / jual, dll

Pokoknya sangat banyaklah ilmu yg dishare di workshop ini, tapi memang untuk lebih mempertajam ilmu kita di bidang property ini tidak cukup hanya dengan mengikuti workshop ini. Kita harus mengasahnya dengan pengalaman dilapangan dan membaca referensi yang disarankan misalnya buku Dolf De Roos (saya jg blm dapat bukunya nih). Disamping itu ada petuah dari P Haji Ali bahwa didalam berbisnispun kita sebisa mungkin jangan menggunakan cara2 yang diluar kaidah agama dan sedapat mungkin jangan merugikan orang lain.

Kemudian ada sharing2 dahsyat dari member TDA khususnya yang datang dari jauh yaitu Pak Chandra dari Kalimantan Timur, beliau dalam waktu 3 bulan mendapatkan 3 property senilai kurang lebih 5 M dengan bermodalkan permainan cash flow sejak awal 2007. Salah satunya adalah rumah tinggal di kawasan bergengsi yang merupakan edisi khusus dari sebuah developer. Benar-benar dahsyat... di usia muda, masih seumur dengan Pak James 25 th sudah menjadi milyarder. Bahkan didompetnya selalu dibawa dream nya yang lain, yaitu sebuah cheque senilai 1 trilyun rupiah yang akan didapatkan di tahun 2009. wooowwww

Now, it's the time to take action... at least get one property per year...

No comments: