Tuesday, June 12, 2007

Kumis Lele Rejeki Arwana


Dari judul diatas orang mungkin sudah bisa memperkirakan apa / siapa object yang menjadi bahan tulisan ini... ya siapa lagi kalo bukan Tukul Arwana, yang saat ini menjadi sebuah phenomenon di tahun 2007. Dalam postingan ini saya mencoba untuk men-share secara sekilas buku kecil yang berjudul 'Tukul Arwana, Kumis Lele Rejeki Arwana'. Kebetulan hari minggu kemarin anak saya minta dicarikan buku untuk keperluan sekolah dan ketika akan melakukan pembayaran tanpa disengaja saya lihat buku ini. Karena saya lihat cukup menarik dan lucu judulnya, jadilah buku ini ikut dibeli.
Setelah saya membaca buku ini, rasanya saya berani menyatakan bahwa pantaslah si kumis lele ini untuk disejajarkan dengan para milyarder yg ada di negeri ini meskipun dengan penampilan katrok, ndeso dan olok-olok lain yang melekat padanya. Kenapa saya bilang begitu..? karena ternyata apa yang dilakukan atau phase-phase kehidupan yang dilalui oleh mas Tukul ini adalah apa yang biasa terjadi pada seorang milyarder, antara lain :

  • Mas Tukul sejak kecil sudah punya mimpi yang memang dahsyat, apa itu ? Dia bercita-cita suatu saat ingin menjadi pelawak terkenal, bisa masuk TV, kaya, dikenal banyak orang seperti pemain Srimulat yang sering dilihatnya di TV. Dan kita lihat sekarang dia sudah bisa mewujudkan apa yang diimpikannya sejak dulu, bahkan ada phase dimana dia pernah bergabung juga dengan group idolanya, Srimulat.
  • Mas Tukul termasuk orang yang teacheable, dia mau belajar dari banyak hal mulai dari buku bertanya kepada orang yang berpengalaman dan dari segala informasi yang bisa me leverage nilai jualnya. Diawal karirnya didunia entertainment, buku yang dipinjamkan oleh seseorang yang bisa dikatakan memecut dirinya untuk senantiasa belajar adalah 'Berfikir dan Berjiwa Besar - karya Dale Carnegie'. Dan pada phase selanjutnya dia selalu menyisihkan sebagian rejekinya untuk membeli buku atau sumber2 informasi lain.
  • Mas Tukul termasuk yang punya disiplin waktu yg bagus, misalnya jika janjinya harus kumpul jam 9 ... jam 7 biasanya dia pasti sudah datang... Sesuatu yg mungkin jarang sekali orang melakukannya.
  • Mas Tukul punya prinsip untuk sukses 'Hidup itu harus kristalisasi keringat. Kalo mau berubah, ga perlu nunggu besok! harus mulai sekarang ! Kalo mau mencapai sesuatu harus ada energi dan keringat yang dikeluarkan' begitu katanya.
  • Mas Tukul termasuk orang yang bertanggung jawab, ketika diberi kepercayaan dia akan melakukannya dengan sungguh-sungguh dan bahkan tidak terlalu berhitung soal honor asalkan dia merasa puas...puas...puas untuk menjalankannya.
  • Mas Tukul memiliki jiwa sosial yang tinggi, selalu menyisihkan sebagian rejekinya untuk yang berhak. Tidak melupakan teman2nya yang berasal dari kampung dan saat ini mencoba mengadu nasib di ibukota. Bahkan membeli sebuah rumah yang dinamakan 'Posko Ojo Lali' untuk menampung mereka, sekaligus sebagai tempatnya untuk share dengan teman2nya.
  • Mas Tukul dalam menjalani hidup memakai pandangan 'sego mblenyek, ati legowo siap dinyek' artinya selalu berlapang dada dan tak takut direndahkan. Dalam kesehariannya juga menganut prinsip NGAJI, 'Ngarah ke jiwo dan Ngepos ke jiwo' artinya segala sesuatu harus difikirkan sebab akibatnya.
Dari beberapa catatan ini mungkin Mas Tukul memang sudah sepantanya meraih apa yang pernah diimpikannya sejak kecil, karena memang sudah banyak melewati phase-phase kehidupan yang tidaklah singkat dengan prinsip-prinsip yang dijalaninya selama ini, sehingga mimpi-mimpi yang pernah ada satu demi satu dicapai nya. Jadi buat yang katrok, ndeso dan lain sebagainya, ga usah kuatir anda pun bisa sukses... dan bisa menebar rahmat bagi sesama.

Mungkin itu yang bisa di share, semoga bermanfaat....

No comments: